Kiai
Kamali berangkat ke Mekkah, mukim di sana. Semua anaknya pun lahir di sana.
Setelah pulang, Kiai Idris mesantren di Tebuireng Jombang dan diambil menantu
oleh Hadratus Syaikh Kiai Hasyim Asy’ari. Punya putra satu yaitu Gus Abdul
Haq. Setelah istri Kiai Idris wafat, beliau kembali ke Mekkah tahun 1973 dan
kembali tahun 1981.
Kiai
Idris mempunyai kelebihan yang sangat banyak, saya sendiri pernah
mengalaminya. Ketika sowan ke beliau (saya masih di Lirboyo) tahun 1970,
ditanya dengan bahasa Cirebon, “Kamu punya uang tidak? Ambil uang itu di
toples jajan di lemari!”. Toples jajan itu ternyata benar beirisi uang,
seribuan rupiah. Saya Tanya, “Berapa uwak?”. Jawab beliau, “Ya dua saja….”.
|
Konon kata kebanyakan orang, terkadang beliau
memberi uang hanya dengan ngronggoli (asal ambil saja). Anehnya setiap beliau
mengambil pasti nominalnya pas seperti yang dikehendaki. Saya sowan ke beliau
di Tebuireng dua kali. Ketika di Mekkah, saya juga menyempatkan diri ikut
mengaji kitab Shahih Bukhari dan Ihya’ Ulumiddin ke Kiai Idris. Di Mekkah
beliau menghabiskan waktunya di Masjidil Haram setiap waktu. Beliau memakai dua
arloji yang dipakai di kedua tangannya, yang satu untuk jam istiwa’ dan yang
satu untuk waktu biasa. Kalau musim panas, beliau hanya mengenakan kaos dalam
saja. Kalau dilihat secara dhahir (kasat mata), itu tidak khusyu’ shalatnya.
Di Mekkah, beliau tinggal di rumah Syaikh Khatib
al-Maduri. Beliau tinggal satu rumah dengan Prof. Dr. Djamaluddin Mirri, Rektor
Ma’had ‘Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng dan Dekan Fak. Ushuluddin IAIN Surabaya.
Meskipun udzur, waktu jalan beliau tetap tampak semangat dan tidak pakai
tongkat. Beliau juga tidak pernah terpeleset. Jika ada pemeriksaaan polisi,
anehnya beliau selalu lolos, tidak pernah ditanya izin tinggal di luar negeri.
Beliau juga sempat mengajar di Masjidil Haram.
Banyak cerita unik tentang sosok Kiai Idris, salah
satunya di Pesantren Kempek. Suatu ketika ada jin yang mengganggu suasana
pondok. Semua panik, tanpa pikir panjang saya maju sambil berteriak, “Saya
adukan kamu ke Mbah Idris!!!” Mendengar kata-kata saya, jin yang mengganggu itu
lari dan tidak berani kembali. Ini terjadi sampai sekarang, kalau nama Kiai
Idris disebut maka jin akan takut. Ayah saya, Aqiel Siradj, adalah santri Kiai
Idris. Ayah mengaji kepada Kiai Idris waktu nyantri di Pesantren Kempek.
Suatu ketika di saat bulan Ramadhan, Kiai Idris
pergi ke Mesir hanya untuk mengkhatamkan kitab al-Umm di samping makam Imam
Syafi’i. waktunya mulai pagi sampai sore, kadang sore sampai malam, lalu
malamnya dipakai untuk shalat tahajjud. Ketika kembali ke Mekkah, beliau cerita
tentang hal itu kepada saya, “Kalau bacaan saya salah, dibenarkan oleh Imam
Syafi’I”. beliau diantar dan dijemput oleh Pak Syuhada’, seorang yang bekerja
di KBRI.
Kiai Idris tidak senang melihat orang kuliah. Suatu
kali saya ditanya oleh beliau, “Kamu kuliah? Di mana?” Saya menjawab di Ummul
Qura. Kiai Idris lalu berkata “Masih bagus ngaji di Mekkah, niatnya jiwari
baitillah, menjadi mukim yang dekat dengan baitulah. Kalau ngaji insya Allah
kamu manfaat, wong kamu kuliah….”.
Kiai Idris adalah sosok yang sederhana dalam hal
penampilan, beliau sama sekali tidak terlihat seperti ulama besar yang memakai
sorban besar. Beliau hanya memakai imamah (sorban) biasa dan sarung. Tetapi
kalau ada orang yang tahu tentang kema’rifatan Kiai Idris, jika beliau berjalan
saja, maka orang pasti akan bersalaman dengan beliau meskipun tidak kenal.
Banyak sekali ulama Arab, seperti ulama Mekkah, Syiria, Mesir, Palsetina, dll.
yang menyalami tangan beliau padahal belum pernah ketemu.
Ketika saya cuti kuliah thun 1983, saya sowan dan
mengaji ke Kempek untuk menemui Kiai Idris. Beliau sudah sangat sepuh. Waktu
itu Kiai Idris sudah tidak mengajar lagi, kecuali hanya mengajarkan Dalail
al-Khayrat. Beliau juga termasuk kiai yang kaya raya, punya sapi, kambing,
sawah dan tanahnya pun berpetak-petak banyaknya.
Saya yakin beliau termasuk awliyaillah, maqamnya
beliau adalah tajrid. Beliau sudah tidak pernah bertindak dengan menggunakan
kausal, tidak menggunakan sabab wa musabab. Kiai Idris adalah kiai yang
hidupnya dikhidmahkan untuk mengaji kitab, mengajar dan beribadah. Beliau telah
banyak membaca berbagai kitab disiplin ilmu yang beraneka ragam. Banyak kitab
beliau khatamkan berkali-kali. Saking seringnya mengkhatamkan kitab,
seakan-akan beliau hafal isi kitab. Ketika ada santrinya yang membaca kitab
kepada beliau, lalu bacaannya salah, maka Kiai Idris tahu kesalahannya, padahal
beliau sring kali hanya menyimak bacaan santrinya tanpa melihat kitab.
Kelebihan lain, beliau dapat mengetahui jika ada kitab salah cetak.
Ketika masih nyantri di Lirboyo, saya pergi ke
Pesantren Tebuireng untuk mengikuti khataman kitab Shahih Bukhari yang dikaji
oleh Kiai Idris. Saya sowan dan minta barokah doa. Ketika anak saya yang
bernama Muhammad lahir, saya juga sowan menemui Kiai Idris yang pada saat itu
sudah sangat sepuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar